Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Candi Borobudur Masih jadi Magnet Wisatawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 17 April 2024, 21:23 WIB
Candi Borobudur Masih jadi Magnet Wisatawan
Candi Borobudur/Net
rmol news logo Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko masih menjadi magnet bagi wisatawan domestik di saat libur Lebaran 2024.

Catatan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, sebanyak 63.437 pengunjung datang untuk berlibur di musim Lebaran 2024.

Dari jumlah tersebut, wisatawan datang dari berbagai daerah, seperti wilayah Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan lainnya.

"Pengunjung didominasi grup keluarga yang memosisikan Candi Borobudur sebagai tujuan wisata utama di musim libur lebaran," kata Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Hetty Herawati diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (17/4).

Puncak kunjungan terjadi pada Jumat (12/4) dengan jumlah sekitar 15.000 pengunjung. Kuota 1.200 orang yang disediakan untuk naik struktur Candi Borobudur pun selalu penuh setiap hari sepanjang musim libur Lebaran 2024.

"Wisatawan bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan sambil menikmati atraksi pertunjukan seni budaya masyarakat serta lokakarya edukriya bersama pengrajin lokal Borobudur," katanya.

Akan tetapi, jumlah tersebut cenderung menurun jika dibandingkan dengan musim Lebaran tahun 2023. Hetty memprediksi, penurunan tersebut terjadi karena banyak faktor, mulai dari perubahan tren perjalanan, faktor ekonomi nasional, hingga pertumbuhan destinasi wisata lokal.

"Meski demikian, minat berwisata tetap tinggi dan masih positif untuk mendukung peningkatan perekonomian nasional," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA