Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengungsi Rohingya Terserang Penyakit Kulit dan ISPA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 25 Januari 2024, 04:57 WIB
Pengungsi Rohingya Terserang Penyakit Kulit dan ISPA
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di Aceh memberikan pengobatan kepada pengungsi Rohinga di Bale Meuseuraya Aceh (BMA), Banda Aceh/RMOLAceh.
rmol news logo Akibat lokasi penampungan yang tidak memadai, banyak pengungsi Rohingya di Bale Meuseuraya Aceh (BMA), Banda Aceh, terserang penyakit gatal-gatal dan ISPA.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Safrizal Rahman menuturkan, penyakit yang muncul di lokasi pengungsian sering terjadi lantaran berada di tempat yang padat.

"Kondisi kesehatan yang berada di tempat-tempat yang padat seperti ini kan adanya penyakit-penyakit menular," kata Safrizal Rahman, Rabu (24/1).

Safrizal mengatakan, berbagai kemungkinan timbulnya penyakit pada kondisi pengungsi bisa saja terjadi. Salah satu penyakit yang dikerap dialami pengungsi adalah diare.

"Apalagi sanitasinya jelek, barangkali diare, ISPA, dan juga kita khawatirkan kalau ada satu yang terkena penyakit-penyakit tertentu gampang sekali menular di lingkungannya," jelas dia.

Menurut dia, kondisi ini harus diwaspadai sehingga pengungsi Rohingya ini diberikan imunitas tinggi. Hal ini dilakukan agar penyakit-penyakit ini tidak menular pada orang lain karena imunitasnya baik

"Tapi Alhamdulillah juga keinginan kita mudah-mudahan fasilitas mereka juga diperbaiki, sehingga kualitas hidupnya akan lebih meningkat sedikit," kata Safrizal dikutip dari Kantor Berita RMOLAceh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA