Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulai Lipat Surat Suara, KPU Salatiga Libatkan Tenaga Disabilitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 08 Januari 2024, 12:29 WIB
Mulai Lipat Surat Suara, KPU Salatiga Libatkan Tenaga Disabilitas
Petugas keamanan mengontrol kotak suara, usai dirakit dan disusun di Gudang KPU, Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga, Jawa Tengah, Senin (8/1)/RMOL Jateng
rmol news logo Hari pertama proses pelipatan surat suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Salatiga tak hanya melibatkan ibu rumah tangga. Tapi juga ada kaum disabilitas hingga mahasiswa.

Anggota KPU Salatiga Divisi Perencana Data dan Informasi, Jalal Pambudi mengatakan, tenaga pelipat dan sortir surat suara ini melibatkan sekitar 75 orang.

"Di samping itu di dalamnya juga terlibat sekitar 7 hingga 8 orang tenaga dari kelompok disabilitas," kata Jalal Pambudi ditemui Kantor Berita RMOLJabar, di Gudang KPU Salatiga, Senin (8/1).

Waktu pelipatan surat suara sesuai dengan kesepakatan, yakni antara pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut ada jeda 1 jam untuk istirahat.

Terkait honor, Jalal menjelaskan telah ada ketentuannya antara Rp200-300 ribu.

"Dalam pelaksanaannya khususnya pengawasan selama proses sortir dan pelipatan ini, kami melibatkan pengawas termasuk Bawaslu, kepolisian, hingga TNI. Jadi harapan kita benar-benar sesuai dengan ketentuan yang ada dan belajar dengan aman dan lancar," ungkap dia.

Dia menambahkan, tidak ada target waktu tertentu karena surat suara datang secara bertahap.

Seorang ibu rumah tangga, Tiwi mengaku, bersedia menjadi tenaga pelipatan dan sortir surat suara untuk mengisi kekosongan.

"Kesibukan lain warungan saja. Saya ketua kelompok, satu kelompok empat orang," kata Tiwi (47).

Rencananya pelipatan dan sortir surat suara keseluruhan berlangsung 5 hari ke depan untuk 5 jenis surat suara. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA