Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar Polimer Anggap AMDK Berbahan Polikarbonat Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 03 November 2023, 20:41 WIB
Pakar Polimer Anggap AMDK Berbahan Polikarbonat Aman
Galon polikarbonat/Net
rmol news logo Penggunaan galon polikarbonat sejauh ini masih aman digunakan sebagai kemasan air minum. Hal tersebut ditegaskan Pakar Polimer dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Achmad Zainal Abidin dalam merespons isu kandungan Bisfenol A (BPA) berbahaya bagi galon guna ulang.

"Kami bergerak dengan ilmu pengetahuan, bukan dengan isu. Saya perhatikan dan pakai galon polikarbonat, aman dan sehat walafiat," kata Prof Achmad Zainal Abidin dalam sebuah talkshow yang dikutip, Jumat (3/11).

Dalam ilmu polimer, polikarbonat merupakan bahan plastik yang aman untuk bungkus atau kemasan makanan maupun minuman. Dari sisi properties thermal, sifat polikarbonat terhadap suhu atau temperatur juga kuat.

"Itu kan sudah diatur oleh BPOM. Jadi, kita harus memberikan informasi yang benar agar masyarakat bisa tenang," jelasnya.

Pengalaman yang sama diceritakan Gurubesar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Prof Ningrum Natasya Sirait. Ia bersama keluarga mengaku telah menggunakan galon polikarbonat sejak lama. Namun sejauh ini tidak ada indikasi gangguan kesehatan akibat penggunaan galon tersebut.

“Kami menganggap isu itu sebagai jokes saja. Tapi tidak semua orang bisa menyikapi ini seperti keluarga kami, masyarakat (bisa) menjadi takut meminumnya. Beda dengan kita orang akademisi yang akan menanyakan apa evidence based-nya dari isu tersebut,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA