Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk Kategori Tinggi, Masyarakat Aceh Diminta Waspada Paparan Sinar UV

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 13 September 2023, 02:18 WIB
Masuk Kategori Tinggi, Masyarakat Aceh Diminta Waspada Paparan Sinar UV
Monumen Kota Banda Aceh/Net
rmol news logo Paparan sinar Ultraviolet (UV) di sebagian wilayah Aceh memasuki kategori tinggi. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), paparan UV tertinggi dimulai sejak pukul 11.00 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

"Nilai indeks sinar UV berkisar antara 8-10, untuk kategori tinggi dan pada kondisi puncaknya berada di atas 10 untuk nilai indeks," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, Fitriana Nur Indah Sari, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Selasa (12/9).

Indah menjelaskan, nilai indeks UV pada kategori tinggi diperkirakan terjadi di wilayah Aceh bagian Tengah dan juga pesisir Barat Aceh.

Untuk wilayah lainnya terjadi di Kabupaten Aceh Jaya, Pidie, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil, dan Sekitarnya.

Lanjutnya, pada kategori ekstrim dan dalam jangka waktu lama, tingginya sinar UV akan berpengaruh pada menurunnya produksi pertanian, gangguan pertumbuhan tanaman, dan juga terganggunya rantai makanan khususnya di wilayah-wilayah perairan.

"Kondisi ini cukup berbahaya bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung matahari, seperti topi ataupun pelembab tabir surya," katanya.

Dia menyarankan, agar masyarakat dapat meminimalkan waktu di bawah paparan matahari pukul 11.00-13.00 WIB.

"Tetap berada di tempat teduh, kenakan pelindung matahari seperti topi, kacamata hitam dan pelembab tabir surya dengan SPF 30+ apabila berada di luar ruangan," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA