Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabut Asap Kian Menyebar hingga ke Palembang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 30 Agustus 2023, 22:36 WIB
Kabut Asap Kian Menyebar hingga ke Palembang
Petugas Manggala Agni berjibaku melakukan pemadaman karhutla di lahan dekat jalan tol Kayuagung-Palembang/RMOLSumsel
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan masih terjadi. Sejak beberapa pekan terakhir, sejumlah lahan di Sumsel terbakar diduga imbas musim kemarau panjang.

Diberitakan Kantor Berita RMOLSumsel, karhutla terjadi di OKI, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, serta beberapa wilayah lain. Imbasnya, kabut asap mengepul di beberapa daerah, salah satunya di Palembang.

Salah satu warga di Pakjo Palembang, Aldi menyebutkan, kabut asap terasa sejak berapa hari terakhir, khususnya pada malam hari.

"Memang tidak terlalu pekat, tapi terasa saat menghirup udara," kata Aldi kepada Kantor Berita RMOLSumsel, Rabu (30/8).

Dia pun khawatir kabut asap ini akan semakin parah jika tidak segera ditangani. "Semoga saja kemarau ini tidak terlalu lama, sehingga kabut asap tidak semakin parah," harapnya.

Beberapa waktu lalu, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Selatan (Sumsel), Wandayantolis menyebutkan, kualitas udara di Palembang berdasarkan tingkat konsentrasi selama 24 jam masih di bawah ambang batas.

Menurutnya, kualitas udara di Palembang pagi hari mengalami konsentrasi di level cukup tinggi ketimbang di siang hari yang levelnya menengah sejak musim kemarau panjang.

Meski begitu, ia belum dapat memastikan kualitas udara itu dipengaruhi partikel debu atau partikel sisa karhutla.

"Jika memerhatikan arah angin dari timuran, di mana saat ini laporan karhutla meluas dari arah OKI dan sekitarnya, ada kemungkinan partikel-partikel asap terbawa ke arah palembang dan terukur pada alat Pm2.5 di Palembang," kata Wandayantolis. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA