Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gaungkan Literasi Digital, 24 Pemeriksa Fakta Deklarasikan Komunitas LPI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 22:45 WIB
Gaungkan Literasi Digital, 24 Pemeriksa Fakta Deklarasikan Komunitas LPI
Deklarasi Komunitas Literasi Pemuda Indonesia (LPI)/Net
rmol news logo Puluhan mahasiswa dan kalangan profesional yang bergelut di bidang pemeriksa fakta mendeklarasikan Komunitas Literasi Pemuda Indonesia (LPI).

Pembentukan komunitas ini berangkat dari kesadaran para pemeriksa fakta dan kekhawatiran terhadap kejahatan digital yang kian merajalela.

"Kami membentuk LPI dengan tujuan agar makin banyak pemuda sadar literasi digital dan mau menjadi subjek literasi yang mencerahkan masyarakat," tegas pendiri LPI, Dedy Helsyanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/8).

Dedy mengurai, LPI merupakan perluasan medium edukasi dari 24 pemeriksa fakta yang sebelumnya hanya fokus terhadap kebenaran informasi atau perlawanan terhadap hoax serta ujaran kebencian.

Melalui LPI, mereka turut concern terhadap penanganan kejahatan digital lainnya.

"Semoga LPI ini menjadi wadah baru yang dapat menjawab kebutuhan pemuda untuk mengembangkan diri melalui literasi digital," kata Dedy.

Setelah deklarasi, LPI akan memperluas gerakannya ke berbagai daerah kabupaten/kota hingga tingkat kampus. LPI akan berjejaring dengan beragam organisasi dan mengedukasi pemuda serta masyarakat terkait literasi digital.

"LPI dan aktivitas literasi digital ini membutuhkan dukungan banyak pemuda dan masyarakat. Semakin banyak dukungan, kemajuan melalui teknologi dan kreativitas akan semakin mudah dan cepat diwujudkan," tutup Dedy. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA