Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko PMK Usulkan Bangun Lumbung Pangan Atasi Kekeringan di Papua Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 14:27 WIB
Menko PMK Usulkan Bangun Lumbung Pangan Atasi Kekeringan di Papua Tengah
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menyerahkan bantuan untuk masyarakat Papua Tengah/Ist
rmol news logo Kekeringan di Kabupaten Puncak Papua Tengah selalu terjadi di pertengahan tahun. Setiap datangnya musim kemarau dan fenomena embun beku ini, akan berdampak pada gagal panen, serta kekurangan bahan makanan dan air bersih.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, pihaknya bersama BNPB sedang mencari solusi alternatif. Salah satunya membangun lumbung pangan untuk persediaan makanan selama musim kemarau terjadi.

"Gambaran sementara kita akan membangun semacam lumbung pangan di Distrik Agandugume di dekat bandara," kata Muhadjir saat menyerahkan bantuan logistik kepada masyarakat Papua Tengah di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kamis (3/8).

"Dengan begitu kita bisa mengantisipasi pada bulan sebelum Mei kalau bisa sudah ada stok bahan pangan yang disupply BNPB dan Kemensos. Sehingga pada saat terjadi bencana yang periodik ini otomatis bisa teratasi," lanjutnya.

Menurut Muhadjir, rencana ini akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo dan akan dilakukan kajian yang lebih cermat sampai menjadi bagian antisipasi permanen dalam menghadapi fenomena periodik di Kabupaten Puncak.

Kemudian juga akan ditempatkan aparat keamanan yang akan mengawasi lumbung dan memantau penyaluran stok pangan saat dibutuhkan.

"Akan kita laporkan  kepada Bapak Presiden, kita bentuk kajian yang lebih cermat lagi. Tapi gambaran sementara kita akan membangun semacam lumbung pangan di Agandugume di dekat bandara yang posisinya strategis untuk bisa dijangkau 3 distrik itu," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA