Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Museum Multatuli Lebak Siap Gelar Pidato Kebudayaan, Ada Sejarawan Bonnie Triyana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 13 Juni 2023, 16:15 WIB
Museum Multatuli Lebak Siap Gelar Pidato Kebudayaan, Ada Sejarawan Bonnie Triyana
Sejarawan Bonnie Triyana/Ist
rmol news logo Sejarawan muda Bonnie Triyana diagendakan menjadi pembicara dalam pidato kebudayaan di Panggung Festival Seni Multatuli di Rangkasbitung, Lebak, Jumat mendatang (16/6).

Kepala Museum Multatuli Ubaidilah Muchtar menyebut, rekam jejak perhatian terhadap kehidupan warga marjinal melandasi Bonnie didapuk sebagai pembicara.

Rekam jejak itu sejalan dengan semangat Multatuli yang hidup dengan membela kepentingan masyarakat tertindas.

“Bonnie Triyana adalah putra asli Lebak. Sebagai sejarawan, dia sudah terlalu banyak bicara di forum-forum internasional. Kini saatnya Bung Bonnie kami daulat sebagai pembicara di tanah kelahirannya," kata Ubaidilah dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (13/6).

Sosok Bonnie Triyana sempat membuat gempar lantaran tulisannya mengenai agresi militer berbahasa Belanda ditanggapi reaktif oleh sejumlah kalangan di Belanda.

Bonnie mengungkap fakta-fakta sejarah terkait kekerasan yang pernah terjadi di masa lalu oleh tentara Belanda di era kolonial. Buntutnya, Bonnie dilaporkan ke polisi hingga hadir di Gedung Parlemen Belanda untuk menjelaskan tulisannya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA