Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Binda Kalteng Bagikan Tips Agar Vaksinasi Covid-19 Bekerja Maksimal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 17 Mei 2022, 14:19 WIB
Binda Kalteng Bagikan Tips Agar Vaksinasi Covid-19 Bekerja Maksimal
Kegiatan vaksinasi Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Tengah/Ist
rmol news logo Ada sejumlah persiapan yang penting yang perlu dilakukan sebelum dan setelah vaksinasi Covid-19. Hal itu supaya  kekebalan terbentuk maksimal.

Persiapan itu, kata Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Tengah Brigjen TNI Sinyo, memastikan kondisi kesehatan sedang baik, terutama bagi pemilik komorbid. Bagi pemilik komorbid seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau infeksi HIV, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dulu sebelum divaksin.

“Selain itu, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol setidaknya 2 hari sebelum dan 2 minggu setelah vaksin. Karena mengonsumsi alkohol disebut mampu mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan,” kata Brigjen Sinyo dalam keterangannya, Selasa (17/5).

Selanjutnya, kata dia, istirahat atau tidur yang cukup dan hindari olahraga berlebihan. Usahakan untuk tidak begadang dan cukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7–9 jam setiap malamnya.

“Disarankan tidak melakukan aktivitas berat atau olahraga terlalu berlebihan, karena hal ini justru bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh,” terangnya.

Tidak kalah penting, kata Sinyo lagi, adalah mengelola stres. Karena stres tinggi sangat berpengaruh pada kerja imun.

“Stres berkepanjangan bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi,” jelasnya.

Sinyo juga menyebutkan, sampai saat ini Binda Kalteng terus memacu capaian vaksinasi Covid-19. Terutama untuk dosis dua dan booster.

Pasalnya, berdasarkan data manual Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, realisasi capaian vaksinasi per 13 Mei 2022, dari total target 2.036.104 orang, realisasi untuk dosis satu telah mencapai 20.020.841 atau 99,25 persen, dosis dua sebanyak 1.686.581 atau 82,83 persen, dan dosis booster 375.150 atau 18,42 persen.

“Semua dosis harus kita tuntaskan. Khusus untuk dosis dua dan booster ini harus terus kita pacu agar capaiannya juga cepat meningkat dari hari ke hari,” tuturnya.

Untuk mendukung percepatan capaian vaksinasi ini, Binda Kalteng sejak awal 2022 lalu telah melaksanakan kegiatan vaksinasi setiap hari di hampir seluruh daerah di Bumi Tambun Bungai.

Dalam sehari, Binda Kalteng menargetkan bisa menyuntikkan  hingga 5.000 dosis di semua kabupaten/kota.

“Untuk capaian vaksinasi selama Mei 2022 mencapai 144.767 orang atau 93,40% dari target bulanan 155 ribu dosis,” beber Sinyo.

“Dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi, selain menurunkan Tim Medical Inteligence, Binda Kalteng juga bekerja sama dengan para tenaga kesehatan di masing-masing daerah,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA