Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Ada Pertanggungjawaban, Pertamina Diadukan ke Komnas HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 20 Juni 2023, 21:57 WIB
Belum Ada Pertanggungjawaban, Pertamina Diadukan ke Komnas HAM
Tim Advokasi Pembela Warga Tanah Merah saat mengadukan ke Komnas HAM, Selasa (20/6)/RMOL
rmol news logo Hampir 4 bulan berlalu, pertanggungjawaban atas kebakaran Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara, oleh PT Pertamina tak kunjung diterima korban terdampak yang berada di Kampung Tanah Merah.

Ketua Tim Advokasi Pembela Warga Tanah Merah, Faizal Hafied menjelaskan, hingga hari ini, Selasa (20/6), Pertamina tidak pernah mengajak Warga Tanah Merah berbicara.

"Sampai saat ini belum ada itikad baik Pertamina mengajak kami duduk dalam rangka menyelesaikan masalah tersebut," ujar Faizal saat ditemui usai melapor ke Kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/6).

Dia menjelaskan, seharusnya PT Pertamina melanjutkan komunikasi dengan Warga Tanah Merah, setelah berbicara bersama Tim Advokasi Tanah Merah pada 7 Juni 2023. Pertemuan ini penting untuk membicarakan bentuk pertanggungjawaban kepada korban kebakaran Depo Plumpang.

"Oleh karena itu, kami mengambil langkah yang lebih tegas dan lebih kuat dengan mengadukan dan melaporkan PT Pertamina Patra Niaga dan PT Pertamina Persero kepada Komnas HAM RI," ucapnya.

"Karena, diduga terjadi pelanggaran HAM dalam peristiwa kebakaran dan meledaknya Depo Pertamina Plumpang," demikian Faizal. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA