Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasukan Israel Tinggalkan Kamp Pengungsi Jenin Tepi Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 06 September 2024, 16:34 WIB
Pasukan Israel Tinggalkan Kamp Pengungsi Jenin Tepi Barat
Warga Palestina memeriksa puing-puing rumahnya yang dibom setelah operasi militer Israel di Jenin di Tepi Barat yang diduduki Israel pada Jumat, 6 September 2024/Reuters
rmol news logo Setelah melancarkan operasi militer darat selama lebih dari sepekan, pasukan militer Israel dilaporkan telah mundur dari kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat pada Jumat (6/9).

Laporan Associated Press menyebut personel lapis baja Israel terlihat meninggalkan kamp dari pos pemeriksaan yang didirikan di salah satu jalan utama.

Tidak jelas apakah penarikan pasukan itu hanya tindakan sementara untuk menyusun kembali pasukan.

"Tidak ada pasukan yang tersisa di dalam saat fajar menyingsing pada Jumat pagi (6/9)," ungkap seorang reporter AP.

Militer Israel masih belum mengonfirmasi laporan penarikan pasukan tersebut, tetapi mereka mengaku akan memberikan pernyataan di esok hari.

Kepergian tentara Israel dimanfaatkan pendudukan Jenin untuk mencari barang-barang di reruntuhan rumah mereka yang masih bisa digunakan.

"Ketika mereka masuk, mereka menggunakan buldoser dan mulai menghancurkan segalanya. Mereka tidak meninggalkan apapun," kata penduduk Jenin, Samaher Abu Nassa.

Ratusan tentara Israel telah dikerahkan untuk melancarkan operasi mematikan di Tepi Barat selama sembilan hari terakhir.

Fokus mereka adalah kamp pengungsi Jenin, Tulkarem dan kamp pengungsi Al-Faraa, tempat yang diduga menjadi lokasi persembunyian militan pendukung Hamas.

Menurut pejabat kesehatan setempat, pertempuran di Jenin menewaskan 21 warga Palestina. Juga menghancurkan bangunan, memutuskan layanan air dan listrik serta korban luka memenuhi rumah sakit.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA