Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Nilai Kesepakatan Bisnis IAF 2024 Naik Enam Kali Lipat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 02 September 2024, 13:21 WIB
Jokowi: Nilai Kesepakatan Bisnis IAF 2024 Naik Enam Kali Lipat
Presiden RI, Joko Widodo saat membuka acara High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2, di Nusa Dua Bali, Senin, 2 September 2024/Kemlu RI
rmol news logo Indonesia kembali menggelar Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 bersamaan dengan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) di Nusa Dua Bali pada 1 hingga 3 September 2024.

Presiden RI, Joko Widodo menilai forum itu penting digelar sebagai platform yang akan memperkuat serta membuka kerja sama baru dengan mitra Indonesia di negara-negara Afrika.

Dalam pidato sambutannya, Presiden Jokowi mengungkap bahwa IAF tahun ini berhasil mencatatkan kesepakatan bisnis hingga 3,5 miliar dolar AS (Rp54 triliun).

Dikatakan Jokowi angka tersebut merupakan sebuah pencapaian yang signifikan karena naik enam kali lipat dibanding IAF ke-1 yang digelar Indonesia tahun 2018 lalu.

"Forum Indonesia-Afrika 2024 telah mencatatkan kesepakatan bisnis senilai 3,5 miliar dolar AS, hampir enam kali lipat dari kesepakatan yang dicapai dalam forum pertama pada 2018," ungkapnya di acara pembukaan HLF-MSP dan IAF ke-2 pada Selasa (2/9).

Menurut Jokowi, kemitraan dengan Afrika merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk mendorong percepatan pembangunan global.

"Ketegasan Indonesia yang selalu membuka pintu untuk bermitra dengan kawasan Afrika, yang dianggap sebagai kunci dalam agenda pembangunan global.

Setelah IAF, Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia juga akan menjadi tuan Platinum Jubilee of the Asian African Conference, untuk memperingati 70 tahun KTT Asia Afrika tahun depan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA