Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Alasan Rusia Kesulitan Usir Ukraina dari Kursk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 Agustus 2024, 15:31 WIB
Ini Alasan Rusia Kesulitan Usir Ukraina dari Kursk
Presiden Rusia, Vladimir Putin/Sky News
rmol news logo Setelah tiga minggu bertempur, Rusia masih berjuang mengusir pasukan Ukraina dari wilayah Kursk, tetapi responsnya sangat lambat dan hasilnya juga tidak diungkap ke publik.
HUT 79 RI

Dengan semakin luasnya wilayah pendudukan di Kursk, Rusia tampaknya kesulitan atau mungkin tidak memiliki cukup cadangan militer yang bisa digunakan mengusir pasukan Ukraina.

Peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Center, Tatiana Stanovaya menilai, saat ini pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin sepertinya tidak menjadikan Kursk sebagai masalah utama mereka.

Moskow disebut lebih berambisi menghancurkan Ukraina sehingga pendudukan mereka di Kursk juga akan gagal.

"Fokus Putin adalah pada keruntuhan negara Ukraina, yang menurutnya akan secara otomatis membuat kendali teritorial apa pun tidak relevan," ungkapnya, seperti dimuat Associated Press pada Kamis (29/8).

Nigel Gould-Davies dari Institut Studi Strategis Internasional berpandangan bahwa Rusia sepertinya optimis mempertahankan Kursk tanpa mengganggu pendudukannya di wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

“Rusia saat ini menilai bahwa mereka dapat menahan ancaman di wilayahnya sendiri tanpa mengorbankan tujuan terpentingnya di Ukraina," paparnya.

Ketika pasukan Ukraina maju ke Kursk pada 6 Agustus, pasukan Rusia nyatanya terus maju perlahan di sekitar kota strategis Pokrovsk dan bagian lain wilayah Donetsk.

“Rusia sangat ingin melanjutkan serangan ke Pokrovsk dan tidak memindahkan pasukan dari Pokrovsk untuk melindungi Kursk,” kata Nico Lange, peneliti senior di Pusat Analisis Kebijakan Eropa yang berpusat di Washington.

Tidak seperti Pokrovsk, tempat pasukan Ukraina telah membangun benteng yang luas, bagian lain Donetsk yang masih di bawah kendali Ukraina kurang terlindungi dan bisa jadi jauh lebih rentan jauh di tangan Rusia.

Dalam menekan Ukraina untuk memenuhi tuntutannya, Rusia juga telah melancarkan serangkaian serangan jarak jauh terhadap jaringan listrik.

Serangan pada fasilitas energi hari Senin (27/8), merupakan salah satu yang terbesar dan paling dahsyat dalam perang tersebut, yang melibatkan lebih dari 200 rudal dan pesawat nirawak dan menyebabkan pemadaman listrik yang meluas.

Ini menyoroti celah dalam pertahanan udara Ukraina yang terbentang antara melindungi pasukan garis depan dan juga infrastruktur.

Berfokus pada perebutan empat wilayah Ukraina, Putin telah berusaha untuk tidak terlalu mementingkan serangan Kyiv ke Kursk.

“Alih-alih menggalang dukungan rakyat untuk melawan ancaman terhadap tanah air, Kremlin ingin mengecilkan serangan itu,” kata Gould-Davies dari IISS yang berpusat di London.

Menghadapi kenyataan pendudukan wilayah Rusia, mesin propaganda negara berupaya mengalihkan perhatian dari kegagalan militer yang nyata dengan berfokus pada upaya pemerintah untuk membantu lebih dari 130.000 penduduk yang mengungsi dari rumah mereka.

Media yang dikendalikan negara menggambarkan serangan terhadap Kursk sebagai bukti niat agresif Kyiv dan bukti lebih lanjut bahwa Rusia dibenarkan dalam menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

Stanovaya mencatat bahwa sementara banyak penduduk Kursk mungkin marah pada Kremlin, sentimen nasional secara keseluruhan sebenarnya dapat menguntungkan pihak berwenang.

“Serangan Ukraina sebenarnya dapat menyebabkan unjuk rasa di sekitar bendera dan peningkatan sentimen anti-Ukraina dan anti-Barat," kata dia.

Kepala perwira militer Ukraina, Jenderal Oleksandr Syrskyi, mengatakan pasukannya menguasai hampir 1.300 kilometer persegi dan sekitar 100 permukiman di wilayah Kursk, sebuah klaim yang tidak dapat diverifikasi secara independen.

Menurut peneliti senior untuk peperangan darat di IISS, Ben Barry, Rusia tidak memiliki cukup sumber daya yang terkoordinasi dengan baik untuk mengusir pasukan Ukraina di Kursk.

"Upaya untuk melawan serangan baru Ukraina tampaknya terbatas pada pengiriman unit dari seluruh Rusia, termasuk sebagian milisi dan pasukan tidak teratur,” jelas Barry.

Hingga serangan Kursk, Putin menahan diri untuk tidak menggunakan wajib militer dalam perang untuk menghindari reaksi publik.

Para wajib militer muda yang direkrut untuk tugas wajib selama satu tahun telah bertugas jauh dari garis depan, dan mereka yang dikerahkan untuk melindungi perbatasan di wilayah Kursk menjadi mangsa empuk bagi unit infanteri mekanis Ukraina yang tangguh dalam pertempuran.

Ratusan orang ditangkap, dan 115 orang ditukar dengan pasukan Ukraina selama akhir pekan.

Para analis mengamati bahwa Putin juga enggan memanggil lebih banyak pasukan cadangan, karena takut akan ketidakstabilan dalam negeri seperti yang terjadi ketika ia memerintahkan mobilisasi 300.000 orang yang sangat tidak populer sebagai tanggapan atas serangan balik Ukraina pada tahun 2022.

Diperlukan puluhan ribu pasukan untuk sepenuhnya mengusir pasukan Ukraina, yang diperkirakan berjumlah 10.000 orang, yang menggunakan hutan lebat di wilayah tersebut sebagai perlindungan.

Sementara itu, Ukraina telah membingungkan militer Rusia dengan menghancurkan jembatan di seberang Sungai Seym, mengganggu logistik untuk beberapa unit Rusia di wilayah tersebut dan menciptakan kondisi untuk membangun kantong kendali.

Barry menilai, dengan merebut sebagian wilayah Rusia, Ukraina telah mempermalukan Kremlin dan mengubah medan perang. Tetapi mengalihkan beberapa pasukan paling tangguh negara itu dari timur ke Kursk merupakan pertaruhan besar bagi Kyiv.

"“Semua ini mengandung risiko yang cukup besar, terutama jika upaya untuk mengerahkan pasukan Rusia secara berlebihan mengakibatkan pasukan Ukraina yang lebih kecil kewalahan,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA