Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Ungkap Posibilitas Turki Intervensi Perang Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 29 Juli 2024, 16:42 WIB
Erdogan Ungkap Posibilitas Turki Intervensi Perang Gaza
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan/Reuters
rmol news logo Intervensi Turki dalam perang Israel-Hamas di Jalur Gaza sangat mungkin dilakukan.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah pertemuan di kampung halamannya di Rize pada Senin (29/7).

Erdogan tidak menjelaskan jenis intervensi apa yang dimaksud. Tetapi menilai posibilitas itu ada karena Turki pernah melakukannya di Libya dan Nagorno-Karabakh.

"Kita harus sangat kuat agar Israel tidak dapat melakukan hal-hal konyol ini kepada Palestina. Sama seperti kita memasuki Karabakh, sama seperti kita memasuki Libya, kita mungkin melakukan hal serupa kepada mereka," tegasnya, seperti dimuat Reuters.

Presiden tampaknya merujuk pada tindakan Turki di masa lalu.

Pada tahun 2020, Turki mengirim personel militer ke Libya untuk mendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya yang diakui PBB.

Perdana Menteri Libya Abdulhamid al-Dbeibah, yang mengepalai Pemerintah Persatuan Nasional di Tripoli, didukung oleh Turki.

Turki telah membantah adanya peran langsung dalam operasi militer Azerbaijan di Nagorno-Karabakh tetapi tahun lalu mengatakan bahwa mereka menggunakan segala cara termasuk pelatihan militer dan modernisasi, untuk mendukung sekutu dekatnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA