Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerakan Perdamaian Saharawi Terima Inisiatif Otonomi Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 24 Mei 2024, 10:44 WIB
Gerakan Perdamaian Saharawi Terima Inisiatif Otonomi Maroko
Sekretaris pertama SMP, Haj Ahmed Barikallah saat berkunjung ke Argentina untuk menemui presiden Komite Internasional untuk Dialog dan Perdamaian Graciela L. Cosentino, dan sekretaris koordinator LSM sponso Adalberto C. Agozino dan sekretaris koordinator LSM sponsor Agozino/Net
rmol news logo Proposal otonomi Sahara Barat dibawah Kerajaan Maroko telah diterima oleh Gerakan Perdamaian Saharawi (SMP).

Sekretaris pertama SMP, Haj Ahmed Barikallah mengatakan bahwa pihaknya telah meratifikasi inisiatif otonomi Maroko dan meminta peta jalan yang memungkinkan dalam waktu tiga tahun.

"Membentuk pemerintahan Saharawi yang otonom dengan tiga kekuasaan, yakni eksekutif, legislatif dan yudikatif di bawah kedaulatan Raja Maroko," ungkapnya saat diwawancarai radio Argentina, seperti pernyataan yang diterima redaksi pada Jumat (24/5).

Selain itu, kata Barikallah, SMP juga akan memulai kembali perundingan dalam kerangka PBB atau perundingan langsung.

"Kami percaya bahwa Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal Sahara Pak Staffan de Mistura harus mengadakan pertemuan meja dialog, yang terhenti sejak 2019,” kata Barikallah.

SMP dahulunya pernah menjadi anggota Front Polisario dan oleh karena itu keduanya memiliki cita-cita yang sama yakni membangun masyarakat yang mandiri, demokratis dan progresif sesuai dengan cita-cita Sahara.

Kendati demikian seiring berjalannya waktu keduanya berbeda pendapat, sehingga SMP memutuskan hubungan dengan rekan-rekannya di Front Polisario. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA