Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diuntungkan Penolakan USM Alger, RS Berkane Melaju ke Final Piala CAF

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 03 Mei 2024, 16:15 WIB
Diuntungkan Penolakan USM Alger, RS Berkane Melaju ke Final Piala CAF
RS Berkane./Facebook
rmol news logo Komite Klub Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) telah memutuskan kesebelasan asal Maroko, Renaissance Sportive Berkane, melaju ke babak final Piala CAF 2023-2024.

Keputusan ini diambil dalam rapat yang digelar CAF hari Rabu lalu (1/5).

Kesebelasan USM Alger dari Aljazair menolak bertanding dengan USM Berkane karena tidak dapat menerima gambar peta Maroko di kaos tim RS Berkane.

Leg pertama digelar di Aljazair pada 22 April lalu. Ofisial dan pemain RS Berkane sempat tertahan di Bandara Internasional Houari Boumédiène di Aljir karena pihak keamanan Aljazair menahan seragam pemain yang dianggap bermasalah.

Aljazair merupakan negara yang mensponsori kelompok separatis Polisario yang mengklaim kemerdekaan Sahara Barat di Maroko. Aljazair keberatan peta Maroko mencakup wilayah Sahara Barat yang merupakan teritori Kerajaan Maroko sejak lama.

Sejak dideklarasikan pada tahun 1973, Polisario bermarkas di Kamp Tindouf, Aljazair. Untuk waktu yang cukup lama, terutama di era Perang Dingin, Aljazair menggunakan Polisario sebagai instrumen politik untuk menekan Maroko.

Pihak CAF telah menyatakan bahwa gambar peta Maroko di seragam RS Berkane tidang melanggar aturan apapun, dan meminta pihak keamanan Aljazair mengembalikan seragam RS Berkane. USM Alger akhirnya menolak bertanding melawan RS Berkane dan karenanya dihukum kalah dengan skor 0-3.

Pertandingan leg kedua digelar di Berkane, Maroko pada 29 April. Walau telah tiba di Berkane namun akhirnya USM Alger kembali menolak bertanding melawan RS Berkane karena gambar peta Maroko di seragam di jersey tim tuan rumah. Akibatknya, USM Alger kembali dijatuhkan sanksi kekalahan 0-3.     

Dalam siaran persnya hari Kamis (2/5), Federasi Sepak Bola Kerajaan Maroko (FRMF) mengatakan bahwa pihaknya telah menerima salinan keputusan Komite Klub CAF mengenai pertandingan USM Alger-RS Berkane di leg kedua di mana Komite secara resmi memastikan lolosnya RS Berkane ke final Piala CAF 2023-2024.

Menurut FRMF, Komite juga menyerahkan kasus tersebut kepada Juri Disiplin untuk kemungkinan sanksi tambahan untuk USM Alger.

Di babak final, RS Berkane akan berhadapan dengan kesebelasan asal Mesir Zamalek. Pertadingan leg pertama digelar pada 12 Mei di Berkane, dan pertandidngan leg kedua digelar pada 19 Mei di Kairo. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA