Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Tiga Dekade Berkuasa, Alexander Lukashenko Nyapres Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 25 Februari 2024, 19:05 WIB
Sudah Tiga Dekade Berkuasa, Alexander Lukashenko <i>Nyapres</i> Lagi
Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko/Net
rmol news logo Momen pemilihan parlemen dan daerah Belarusia pada Minggu (25/2), digunakan Presiden Alexander Lukashenko untuk mengumumkan pencalonannya kembali dalam kontestasi pemilihan presiden tahun depan.

Presiden yang berkuasa sejak tahun 1994 itu mengaku ingin kembali menjadi presiden untuk menjamin keselamatan dan kemakmuran warga Belarusia.

“Beri tahu mereka bahwa saya akan mencalonkan diri pada pemilu 2025. Tidak seorang pun, tidak ada presiden yang bertanggung jawab yang akan meninggalkan rakyatnya," tegasnya, seperti dimuat Al-Jazeera.

Jika terpilih kembali dalam pemilu mendatang, maka Lukashenko akan menjadi pemimpin Belarusia dengan masa jabatan 36 tahun.

Pemilihan umum parlemen dan daerah yang dimulai pada sejak Selasa (20/1) dan berakhir pada Minggu (25/2) adalah pemungutan suara nasional pertama sejak pemilihan presiden tahun 2020.

Pemimpin oposisi Svetlana Tsikhanouskaya, yang berada di pengasingan di negara tetangga Lituania mendesak agar warga Belarusia dan masyarakat internasional memboikot pemilu tersebut.

“Tidak ada orang dalam pemungutan suara yang akan menawarkan perubahan nyata karena rezim hanya mengizinkan boneka yang bisa mereka ambil bagian,” tegasnya.

Bukan tanpa alasan, pemilu Belarusia sebagian besar kandidatnya berasal dari empat partai pro Lukashenko, dan hanya mereka yang diizinkan mendaftar.

Mereka adalah Belaya Rus, Partai Komunis, Partai Demokrat Liberal, dan Partai Buruh dan Keadilan. Sementara belasan partai lain yang mendaftar ditolak sehingga tidak bisa mengikuti pemilu parlemen bulan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA