Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati 45 Tahun Hubungan Bilateral, Xi dan Biden Saling Ucapkan Selamat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 01 Januari 2024, 16:25 WIB
Peringati 45 Tahun Hubungan Bilateral, Xi dan Biden Saling Ucapkan Selamat
Presiden China, Xi Jinping dan Presiden AS, Joe Biden/Net
rmol news logo Dalam rangka memperingati hubungan diplomatik yang ke-45 dan Tahun Baru 2024, Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden saling bertukar ucapan selamat.

Xi dalam pesannya mengatakan bahwa kedua negara telah melewati berbagai tantangan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan perdamaian dunia.

Dia menyebut hubungan bilateral yang terjalin antara China dan AS merupakan peristiwa besar dalam sejarah hubungan internasional.

"Saya bersedia bekerja sama dengan Presiden Biden untuk terus mengarahkan hubungan kedua negara demi kepentingan bersama dan mendorong perdamaian dan pembangunan dunia," ungkap Xi, seperti dikutip dari US News pada Senin (1/1).

China dan AS memiliki hubungan yang sangat dingin. Kendati demikian, Biden masih bersedia menghubungi Xi untuk membangun kembali komunikasi dan kepercayaan guna meredakan ketegangan.

Keduanya juga bertemu November lalu di San Francisco. Xi menyebut pertemuan itu menunjukkan arah hubungan bilateral yang berorientasi masa depan.

Selain dengan Biden, Xi juga menyampaikan pesan Tahun Baru dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA