Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu: Indonesia Fokus Selesaikan Akar Masalah Lonjakan Pengungsi Rohingya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 13 Desember 2023, 13:02 WIB
Kemlu: Indonesia Fokus Selesaikan Akar Masalah Lonjakan Pengungsi Rohingya
Jurubicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal/Net
rmol news logo Untuk mengatasi lonjakan pengungsi Rohingya di Aceh, pemerintah Indonesia akan berfokus mengatasi akar masalah di Myanmar, tempat para pengungsi berasal.

Hal itu disampaikan oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam sebuah pernyataan di Jakarta pada Selasa (12/12).

Dijelaskan Iqbal, arus pengungsi Rohingya akan terus bertambah jika akar masalahnya yakni konflik militer di Myanmar tidak kunjung selesai.

Oleh sebab itu, kata Iqbal, pemerintah Indonesia akan berusaha mengerahkan segala kemampuannya untuk segera mengakhiri konflik dan memulihkan demokrasi di Myanmar.

"Indonesia menegaskan kembali posisi bahwa yang harus diselesaikan adalah akar masalahnya, yakni konflik di Myanmar yang belum selesai," tegasnya.

Lebih lanjut, Jubir menyebut bahwa Indonesia juga akan menegaskan kembali tanggung jawab internasional khususnya PBB dan juga negara-negara anggota konvensi pengungsi terhadap upaya resettlement yang dinilai berjalan sangat lambat.

"Kita meminta agar negara-negara pihak di dalam konvensi dan juga komunitas internasional menunjukkan tanggung jawab lebih dalam upaya menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA