Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno Tagih Komitmen Barat terhadap Perlindungan HAM di Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 24 November 2023, 12:07 WIB
Menlu Retno Tagih Komitmen Barat terhadap Perlindungan HAM di Palestina
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama delegasi OKI bertemu dengan Menlu Inggris David Cameron di London pada Rabu, 22 November 2023/Ist
rmol news logo Komitmen Barat untuk menyuarakan nilai-nilai penghormatan terhadap HAM dan hukum internasional harus diimplementasikan secara merata, termasuk pada konflik Palestina.

Begitu yang disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Menlu Inggris David Cameron selama pertemuan bersama delegasi OKI di London pada Rabu (22/11).

Menurut Menlu Retno, sudah waktunya bagi Barat untuk memberlakukan seruan keadilan yang sama untuk konflik militer dan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza.

"Saya menyampaikan bahwa saatnya nilai-nilai yang sering diucapkan oleh negara-negara Barat mengenai penghormatan terhadap HAM dan hukum internasional juga diberlakukan untuk Palestina," ujarnya.

Dia menekankan, bahwa apa yang terjadi di Gaza merupakan kelanjutan dari pendudukan ilegal Israel dan upaya mereka menghilangkan Palestina.

"Saya juga sampaikan bahwa apa yang terjadi di Gaza bukan hanya terjadi sekarang ini, namun sebuah kelanjutan dari ketidakadilan terhadap Palestina, sebuah kelanjutan dari pendudukan ilegal Israel," tegasnya.

Oleh sebab itu, Menlu Retno mendesak agar Inggris selaku pemilik hak veto di Dewan Keamanan PBB mampu berpihak kepada perjuangan keadilan dan kemanusiaan di Palestina dengan mendorong gencatan senjata permanen di sana.

"Kekejaman harus segera dihentikan. Permanent ceasefire diperlukan, dan stop untuk menyerang humanitarian facilities dan masyarakat sipil," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA