Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

300 Ribu Demonstran Pro-Palestina Guncang London: Setop Bom Gaza!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 November 2023, 07:09 WIB
300 Ribu Demonstran Pro-Palestina Guncang London: Setop Bom Gaza<i>!</i>
Demonstrasi pro-Palestina di London, Inggris pada 11 November 2023/Net
rmol news logo Sekitar 300 ribu orang melakukan aksi unjuk rasa di ibu kota Inggris, London, pada Sabtu (11/11) untuk menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Aksi dimulai setelah mengheningkan cipta selama dua menit di tugu peringatan perang The Cenotaph di pusat kota London pada pukul 11.00 waktu setempat.

Jurubicara kepolisian mengatakan sekitar 300.000 orang diperkirakan akan ambil bagian dalam aksi yang bertajuk "Pawai Nasional untuk Palestina" itu.

"Setop Bom Gaza" diserukan oleh para demonstran, sembari mengibarkan bendera Palestina.

“Lupakan sikap politik, lupakan hal lainnya, Anda tidak bisa berdiam diri ketika orang-orang terbunuh,” kata Shiraz Bobra, yang melakukan perjalanan dari Leicester, Inggris tengah.

Bobra menambahkan dia akan datang setiap minggu sampai gencatan senjata diberlakukan.

AFP melaporkan, Polisi Metropolitan London telah melakukan hampir 100 penangkapan pada demonstrasi pro-Palestina sebelumnya, termasuk karena mendukung Hamas, yang dilarang sebagai kelompok teroris di Inggris, dan kejahatan rasial.

Aksi pawai pada 11 November digelar dengan penuh kekhawatiran karena bertepatan dengan Hari Gencatan Senjata, memperingati berakhirnya pertempuran di Perang Dunia I pada tahun 1918 dan kritik politik terhadap operasi kepolisian.

Sekitar 1.850 petugas polisi, termasuk beberapa dari pasukan lain di seluruh Inggris, telah dikerahkan. Sementara 1.375 petugas akan dikerahkan pada Minggu (12/11) selama upacara peringatan di The Cenotaph yang dipimpin oleh Raja Charles III. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA