Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebih Kaya dari Pemerintah, Geng Kriminal Haiti Bisa Bangun Sekolah Hingga Klinik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 12:15 WIB
Lebih Kaya dari Pemerintah, Geng Kriminal Haiti Bisa Bangun Sekolah Hingga Klinik
Mantan polisi Jimmy "Barbecue" Cherizier saat ini menjadi ketua geng kriminal dan menguasai sebagian besar Haiti/Net
rmol news logo Kekayaan dan kekuasaan yang dimiliki kelompok geng bersenjata Haiti dilaporkan semakin meningkat dibandingkan dengan apa yang dimiliki pemerintah.

Menurut laporan pakar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), kehadiran otoritas keamanan Haiti semakin melemah karena kekurangan dana serta staf terlatih.

Hal itu membuat komplotan geng kriminal semakin mudah melancarkan aksi kejahatan dan meraup banyak uang untuk membeli rumah mewah dengan kolam renang di negara termiskin di belahan bumi tersebut.

PBB menyebut geng-geng Haiti semakin berkuasa di ibu kota, Bahkan berusaha memperbaiki citra mereka dengan membangun sekolah, maupun klinik bagi masyarakat tidak mampu.

"Geng-geng semakin kuat, kaya, bersenjata lebih baik, dan lebih otonom,” ungkap laporan setebal 156 halaman dari panel pakar PBB, seperti dikutip dari The Star pada Jumat (20/10).

Geng Haiti dilaporkan telah berkonsolidasi, bersatu di ibu kota melalui aliansi G9 dan G-Pep, sementara pertempuran meningkat di lahan pertanian utama di utara.

"Mereka menggunakan pemerkosaan untuk meneror dan memeras korban, meminta uang dan mengendalikan persediaan makanan," ungkap PBB.

Para kelompok kriminal itu juga diduga bersalah atas pembunuhan tanpa pandang bulu dan ratusan penculikan, serta menuntut uang tebusan sebesar 500.000 dolar AS (Rp 7,9 miliar) untuk orang asing dan tokoh terkemuka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA