Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Ceko Banjiri Praha, Protes Dukungan Militer untuk Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 17 September 2023, 08:56 WIB
Warga Ceko Banjiri Praha, Protes Dukungan Militer untuk Ukraina
Demonstran membanjiri jalan di Praha, Ceko pada Sabtu, 16 September 2023 untuk memprotes kebijakan pemerintah/Net
rmol news logo Ribuan pendukung partai oposisi Ceko yang pro-Rusia berkumpul di Praha pada Sabtu (16/9) untuk memprotes pemerintah sayap kanan-tengah. Mereka mengkritik perekonomian negara dan dukungan militer Ceko untuk Ukraina.

Protes ini diserukan oleh gerakan PRO, yang tidak memiliki perwakilan di parlemen dan mengambil sikap nasionalis, pro-Moskow, dan anti-Barat.

“Kami mengambil langkah lain hari ini untuk keluar dari pemerintahan (Perdana Menteri Petr) Fiala,” kata pemimpin PRO Jindrich Raichl kepada massa di Lapangan Wenceslas Praha, seperti dimuat Reuters.

Diperkirakan jumlah peserta yang hadir sekitar 10 ribu orang, lebih kecil dibandingkan acara serupa tahun lalu yang terjadi pada puncak lonjakan harga energi di Eropa.

“Mereka adalah agen kekuatan asing, orang-orang yang memenuhi perintah, boneka biasa. Dan saya tidak menginginkan pemerintahan boneka lagi,” kata Raichl.

Raichl mengatakan Republik Ceko harus memveto setiap upaya Ukraina untuk bergabung dengan NATO.

Di bawah pemerintahan saat ini, Republik Ceko telah menjadi sekutu dekat Ukraina, mengirimkan tank, peluncur roket, helikopter, peluru artileri, dan material lainnya untuk membantu pasukan Ukraina melawan invasi Rusia.

Raichl memuji kebijakan nasionalis Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban sebagai panutan dan menyerukan aliansi negara-negara Eropa Tengah untuk melawan Brussels.

Dia juga menyuarakan dukungannya terhadap mantan Perdana Menteri Slovakia Robert Fico, yang telah mengambil sikap anti-Barat menjelang pemilu pada 30 September.

Para pengunjuk rasa juga mengkritik pengelolaan ekonomi yang dilakukan pemerintah, yang telah mengalami inflasi dua digit dan kinerjanya lebih buruk dibandingkan negara-negara Eropa lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA