Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Misi Penjelajah Bulan India Selesai Bertugas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 03 September 2023, 13:46 WIB
Misi Penjelajah Bulan India Selesai Bertugas
Rover penjelajah Chandrayaan-3 India/Net
rmol news logo Rover atau kendaraan penjelajah bulan India dilaporkan telah menyelesaikan misi perjalanannya di permukaan bulan.

Menurut badan antariksa India (ISRO), rover itu kini memasuki mode tidur setelah melakukan penjelajahan di bulan selama hampir dua minggu sejak pendaratannya.

"Penjelajah menyelesaikan tugasnya. Kini satelit tersebut telah diparkir dengan aman dan dialihkan ke mode tidur,'' ungkap ISRO dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Associated Press pada Sabtu malam (2/9).

Meski sudah dinonaktifkan sementara, kata ISRO, rover itu telah mengirimkan data yang berhasil dikumpulkan ke bumi.

Pendarat dan mesin penjelajah Chandrayaan-3 diperkirakan hanya beroperasi selama satu hari lunar atau setara dengan 14 hari di bumi.

Meski penjelajah india mampu menemukan keberadaan belerang dan mendeteksi beberapa elemen lainnya, tetapi tujuan awal yakni mencari air beku di permukaan bulan masih belum dilaporkan.

Padahal, misi utama pencarian air itu diharapkan dapat membantu misi astronot di masa depan, yakni sebagai sumber air minum yang potensial dan bahan bakar roket.

Setelah upaya pendaratan di bulan gagal pada tahun 2019, India pekan lalu berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 yang dibuatnya dengan biaya hingga Rp 1,1 triliun.

Pendaratan sukses India terjadi  hanya beberapa hari setelah Luna-25 Rusia gagal mendarat dan menabrak permukaan bulan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA