Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NASA Temukan Kawah Baru di Bulan, Diduga Terbentuk oleh Pesawat Luar Angkasa Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 September 2023, 10:28 WIB
NASA Temukan Kawah Baru di Bulan, Diduga Terbentuk oleh Pesawat Luar Angkasa Rusia
Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA menemukan sisa-sisa Luna-25 di Bulan. LRO telah menangkap gambar kawah yang baru terbentuk di permukaan Bulan, yang diyakini sebagai hasil misi Luna 25 Rusia/Net
rmol news logo Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dikabarkan melihat sebuah kawah kecil yang baru terbentuk di Bulan. Diduga, itu terbentuk oleh kecelakaan pesawat luar angkasa Rusia yang mendarat di permukaan sekitar dua minggu lalu.

Temuan tersebut dibuat oleh Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA dengan membandingkan gambar sebelum dan sesudah perkiraan titik dampak, yang disediakan oleh badan antariksa Rusia Roscosmos.

Pesawat luar angkasa Luna-25 jatuh pada tanggal 19 Agustus, menghancurkan harapan Rusia untuk menghidupkan kembali program Bulan yang telah lama tidak aktif dengan melakukan pendaratan lunak pertama di kutub selatan bulan.

Kawah baru yang ditemukan berdiameter sekitar 10 meter (32 kaki), dan berjarak sekitar 400 kilometer dari titik pendaratan Luna-25.

“Karena kawah baru ini dekat dengan perkiraan titik tumbukan Luna 25, tim LRO menyimpulkan kemungkinan besar kawah tersebut berasal dari misi tersebut, bukan dampak alami,” kata pernyataan NASA, seperti dimuat AFP, Jumat (1/9).

Saat ini NASA sedang menyusun rencana untuk kembali ke Bulan di bawah program Artemis, dengan tujuan membangun kehadiran yang berkelanjutan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA