Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Bantah Ukraina Berada di Balik Kecelakakaan Pesawat Bos Wagner

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 25 Agustus 2023, 06:25 WIB
Zelensky Bantah Ukraina Berada di Balik Kecelakakaan Pesawat Bos Wagner
Pihak berwenang Rusia mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat/Net
rmol news logo Pemerintah Ukraina melalui pernyataan Presiden Volodymyr Zelensky telah membantah terlibat dalam kecelakaan pesawat yang diduga menyebabkan kematian pemimpin Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin.

Dalam pernyataannya saat memperingati hari kemerdekaan Ukraina yang ke-32 pada Kamis (24/8), Zelensky mengatakan negaranya tidak ada hubungannya dengan insiden yang terjadi pada Rabu.

“Kami tidak ada hubungannya dengan situasi ini, itu sudah pasti,” kata Zelensky saat konferensi pers, seperti dikutip dari The National.

“Saya pikir semua orang tahu siapa yang menjadi perhatiannya," ujarnya, tanpa menyebut Rusia atau Presiden Vladimir Putin.

Di lokasi kecelakaan pada Kamis pagi, tim forensik membawa kantong jenazah berwarna hitam dengan tandu. Sebagian ekor pesawat dan pecahan lainnya tergeletak di tanah dekat kawasan hutan tempat para penyelidik mendirikan tenda.

Outlet berita Baza melaporkan bahwa para penyelidik fokus pada teori bahwa satu atau dua bom mungkin telah ditanam di kapal tersebut. Media Rusia juga melaporkan sumber-sumber yang mengatakan mereka yakin pesawat itu ditembak jatuh oleh satu atau lebih rudal permukaan-ke-udara.

Kecelakaan itu terjadi sekitar 300 km dari Moskow, setelah dua bulan pokok pembicaraan utama di kalangan elit Rusia adalah mengapa Putin gagal untuk segera menghukum Prigozhin, yang memimpin pemberontakan pada bulan Juni yang dikecam sebagai pengkhianatan.

“Putin adalah seseorang yang secara umum berpikir bahwa balas dendam adalah hidangan yang paling baik disajikan dalam keadaan dingin,” kata direktur CIA Bill Burns pada forum keamanan tahunan di Aspen bulan lalu.

“Menurut pengalaman saya, Putin adalah orang yang paling bertanggung jawab atas pembalasan," katanya.

Berita mengenai kecelakaan tersebut pertama kali dirilis oleh badan penerbangan Rusia Rosaviatsiya, yang mengatakan bahwa Prigozhin berada di dalam pesawat tersebut.

“Menurut maskapai, penumpang berikut berada di dalam pesawat Embraer Prigozhin Yevgeny," katanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dan mendesak semua pihak untuk menunggu hasil penyelidikan resmi atas kecelakaan tersebut, yang menewaskan 10 orang di dalamnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA