Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Chandrayaan-3 Keluarkan Rover untuk Jelajah Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 24 Agustus 2023, 20:21 WIB
Chandrayaan-3 Keluarkan Rover untuk Jelajah Bulan
Siaran langsung pendaratan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di Bulan di dalam auditorium Gujarat Science City di Ahmedabad, India pada Rabu, 23 Agustus 2023/Net
rmol news logo Kendaraan penjelajah Bulan atau rover keluar dari pesawat ruang Chandrayaan-3 dan siap memulai eksplorasi permukaan bulan pada Kamis (24/8).

Hal itu diungkap oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) melalui platform media sosial X yang sebelumnya dinamai Twitter.

"Penjelajah Ch-3 turun dari Pendarat dan India berjalan-jalan di bulan!" cuit ISRO, seperti dimuat Asian News.

Pesawat ruang angkasa itu mendarat di kutub selatan bulan yang belum dijelajahi pada Rabu malam (23/8), beberapa hari setelah Luna-25 milik Rusia gagal, menjadikan India negara pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Kutub selatan bulan yang berbatu-batu diidam-idamkan karena es airnya, yang diyakini mampu menyediakan bahan bakar, oksigen, dan air minum untuk misi masa depan, namun medannya yang kasar membuat pendaratan menjadi sulit.

Chandrayaan-3 diperkirakan akan tetap berfungsi selama dua minggu, menjalankan eksperimen termasuk analisis spektrometer komposisi mineral permukaan bulan.

Dicapai dengan anggaran sekitar 6,15 miliar rupee India (Rp 1,1 triliun), Chandrayaan-3 adalah upaya kedua India untuk mendarat di bulan.

Misi sebelumnya pada tahun 2019, Chandrayaan-2, berhasil mengerahkan pengorbit tetapi gagal mendarat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA