Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Larang Produksi Drone Militer Pakai Suku Cadang dari China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 10 Agustus 2023, 21:21 WIB
India Larang Produksi Drone Militer Pakai Suku Cadang dari China
Miniatur drone kamikaze Nagastra-1 buatan India/Net
rmol news logo Di tengah kekhawatiran akan ancaman keamanan, pemerintah India mengeluarkan perintah untuk melarang penggunaan suku cadang asal China dalam proses pembuatan drone militer.

Mengutip The Defense Post pada Kamis (10/8), India berusaha mengamankan peralatan militer canggihnya dari spionase China yang mungkin dilakukan melalui pengintegrasian suku cadang mereka.

"Celah itu bisa membuat mereka mengakses kamera drone, isi komunikasi melalui transmisi radio maupun perangkat lunak yang saat itu tengah digunakan," ungkap Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan.

Oleh sebab itu, vendor pembuatan drone militer India, diminta untuk mengungkap asal setiap komponen yang digunakan ketika mengajukan proposal proyek kepada pemerintah India.

Kendati demikian, upaya pemerintah untuk mengurangi suku cadang China, akan membuat biaya produksi melonjak tinggi.

Keputusan tersebut juga akan membuat waktu produksi drone menjadi lebih lama karena India masih sangat bergantung pada suku cadang asing.

Salah satu proyek pembuatan drone 100 persen suku cadang lokal, Medium Altitude Long Endurance sempat ditunda lima tahun karena banyak komponen yang tidak kunjung terpenuhi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA