Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Junta Niger, Wamenlu AS Gagal Dipertemukan dengan Presiden Terguling

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 09:35 WIB
Temui Junta Niger, Wamenlu AS Gagal Dipertemukan dengan Presiden Terguling
Penjabat wakil menteri luar negeri AS, Victoria Nuland/Net
rmol news logo Penjabat wakil menteri luar negeri Amerika Serikat (AS), Victoria Nuland tidak berhasil bertemu dengan presiden Niger terguling, Mohamed Bazoum, meski telah berhasil melakukan pembicaraan dengan junta.

Nuland mengatakan telah bertemu dengan kepala militer Niger, Brigadir Jenderal Moussa Salaou Barmou, pada Senin (7/8) selama lebih dari dua jam. Ia menyebutnya sebagai pembicaraan yang cukup sulit.

Pada kesempatan itu, Nuland menawarkan sejumlah opsi agar Niger keluar dari krisis dan dapat memulihkan hubungan dengan Amerika Serikat (AS) serta negara-negara Barat lain yang telah menangguhkan bantuan karena kudeta.

"Ini adalah percakapan pertama di mana Amerika Serikat menawarkan jasa baiknya jika ada keinginan dari pihak yang bertanggung jawab atas hal ini untuk kembali ke tatanan konstitusional," kata Nuland, seperti dikutip TRT World.

Nuland juga memperingatkan junta agar tidak mengikuti negara tetangga Mali dalam membawa tentara bayaran Wagner Rusia.

Di samping itu, Nuland mengatakan junta tidak menanggapi permintaannya untuk bertemu dengan pemimpin junta Niger, Jenderal Abdourahamane Tiani, atau presiden terpilih yang ditahan, Mohamed Bazoum, meskipun para pejabat AS telah menghubungi Bazoum melalui telepon. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA