Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singapura Komitmen Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 25 Juli 2023, 12:33 WIB
Singapura Komitmen Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN
Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan bertemu dengan Perdana Menteri Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao di Marritime Boundary Office di Palácio Do Governu, Dili pada Senin, 24 Juli 2023/Net
rmol news logo Singapura menegaskan kembali komitmennya untuk membantu Timor Leste menjadi anggota penuh ASEAN, setelah dinyatakan sebagai pengamat pada tahun lalu.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan usai bertemu dengan Perdana Menteri Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao di Marritime Boundary Office di Palácio Do Governu, Dili pada Senin (24/7).  

"Sangat bersyukur bisa bertemu dengan perdana menteri, Kay Rala Xanana Gusmão sebagai orang yang kita kagumi dan hargai, beliau adalah pahlawan pejuang kemerdekaan bangsa ini yang telah masuk ke ASEAN sebagai permanent observer dan Singapura sangat menghargai dan ingin bekerja sama ke depan,” ujarnya, seperti dikutip The Oekusi Post.

Balakrishnan juga berjanji bahwa Singapura akan mengaktifkan kembali rute penerbangan setiap hari dari Singapura-Dili dan Dili-Singapura di masa mendatang.

Ia berjanji bahwa Singapura juga akan memberikan pelatihan jangka panjang untuk sumber daya manusia di segala bidang termasuk perhotelan ke Timor-Leste hingga menjadi anggota penuh ASEAN.

Gusmao menyambut baik kunjungan Balahkrisnan dan delegasinya dengan senang hati, mengartikan kunjungan ini sangat positif bagi kerja sama kedua negara.

“Singapura juga ingin mendirikan kedutaan di sini tapi sebelum berdiri dan masih mencari tempatnya,” kata Xanana Gusmao.

Balakrishnan melakukan kunjungan empat hari ke Timor Leste. Selain bertemu Gusmao, ia juga mengunjungi Presiden Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA