Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Jepang Kutuk Peluncuran Rudal Korea Utara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 20:57 WIB
Menlu Jepang Kutuk Peluncuran Rudal Korea Utara
Menteri Luar Negeri Republik Korea (ROK), Park Jin dan Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi saat bertemu di sela-sela Pertemuan Menlu ASEAN (AMM), pada 13 Juli 2023 di Jakarta/Net
rmol news logo Peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) oleh Korea Utara baru-baru ini mendapat kutukan keras dari Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi.

Kecaman itu disampaikan Menlu Hayashi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Republik Korea (ROK), Park Jin, di sela-sela Pertemuan Menlu ASEAN (AMM) ke-56 di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri membahas situasi regional di Indo-Pasifik yang semakin parah dan kompleks sejak akhir Perang Dunia II, termasuk peluncuran rudal oleh Korea Utara pada 12 Juli lalu, yang  dilakukan saat Perdana Menteri Fumio Kishida bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, dan Hayashi yan sedang melakukan perjalannya ke Indonesia.

Kedua menteri itu menyatakan kecamannya dan menyepakati bahwa mereka akan menghadapi situasi itu bersama-sama dengan tegas dan kuat.

"Peluncuran tersebut merupakan ancaman serius terhadap perdamaian dan keamanan masyarakat internasional," ujar Hayashi.

Selain membahas Korut, Menlu Hayashi dan Menlu Park  juga mendiskusikan isu-isu regional dan internasional lainnya, termasuk situasi di Ukraina.

Mereka menegaskan pentingnya dalam meningkatkan kerja sama bilateral dalam menangani berbagai masalah regional dan tantangan global tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA