Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Datangi Korsel, Kepala IAEA Ingin Tenangkan Warga Soal Air Limbah Nuklir Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 09 Juli 2023, 12:55 WIB
Datangi Korsel, Kepala IAEA Ingin Tenangkan Warga Soal Air Limbah Nuklir Jepang
Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi berbicara pada konferensi pers di Tokyo, Jepang pada Jumat, 7 Juli 2023/Net
rmol news logo Setelah mengunjungi Jepang untuk pemeriksaan limbah nuklir, Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi melanjutkan perjalanan dan telah tiba di Korea Selatan pada Sabtu (8/7).

Grossi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan dan seorang pejabat tinggi keselamatan nuklir Seoul, sebagai bagian dari upaya menenangkan kekhawatiran negara tetangga terhadap rencana pembuangan air limbah nuklir Jepang ke laut Pasifik.

Dalam wawancaranya dengan kantor berita Yonhap, Grossi menekankan bahwa tidak ada hasil negatif yang IAEA dapatkan selama memeriksa limbah nuklir dari pembangkit Fukushima Daichi yang pernah bocor karena Tsunami.

"Tidak ada ahli di balik laporan Fukushima IAEA yang tidak setuju dengan isinya," tegas Grossi, seperti dimuat Arab News.

Sebelum datang ke Seoul, Grossi menyatakan niatnya untuk bertemu dengan partai oposisi Korea Selatan yang menentang keras pembuangan limbah tersebut.

Pemimpin Partai Demokrat Oposisi Lee Jae-myung mendesak pemerintah untuk menghentikan rencana Jepang dan membawa kasus tersebut ke Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut.

Tetapi, pemerintah Korea Selatan sendiri pada Jumat (7/7) menyatakan telah menghormati laporan IAEA dan berdasarkan hasil tim analisisnya sendiri pelepasan air nuklir ke laut tidak begitu berdampak pada perairan mereka.

Terlepas dari persetujuan Korea Selatan, larangan produk makanan laut dari wilayah Fukushima akan tetap berlaku.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA