Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terlibat Serangan Kuil Syiah, Dua Pria Digantung di Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 22:42 WIB
Terlibat Serangan Kuil Syiah, Dua Pria Digantung di Iran
Ilustrasi/Net
rmol news logo Iran kembali melakukan eksekusi hukuman gantung terhadap dua pria, pada Sabtu (8/7). Kedua dieksekusi karena terlibat dalam serangan di kuil Syiah yang menewaskan 13 orang pada Oktober 2022.

Menurut keterangan dari Kantor Berita IRNA, kedua pria itu digantung saat fajar di selatan Kota Shiraz.

"Selama persidangan, keduanya mengaku terlibat dengan kelompok militan ISIS di negara tetangga Afghanistan dan membantu merencanakan serangan terhadap kuil Shah Cheragh di Shiraz," tulis IRNA dalam laporannya.

Berdasarkan rekaman dari CCTV yang ditayangkan di TV pemerintah, pasukan bersenjata memasuki kuil yang populer itu menyembunyikan senapan serbu di dalam tas, lalu mulai menembaki para jamaah secara acak.

Insiden tersebut telah mengguncang para jemaah yang berusaha melarikan diri dan bersembunyi di koridor.

Salah satu pria bersenjata tersebut, yang diketahui sebagai warga negara Tajikistan, kemudian meninggal di rumah sakit akibat luka yang dideritanya selama serangan yang direncanakan itu.

ISIS, yang pernah menimbulkan ancaman keamanan di Timur Tengah,sebelumnya juga telah mengaku bertanggung jawab atas kekerasan di Iran, termasuk serangan kembar mematikan pada 2017 yang menargetkan parlemen dan makam pendiri Republik Islam, Ayatollah Ruhollah Khomeini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA