Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Hubungan, Menlu Arab Saudi Segera Kunjungi Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 15 Juni 2023, 16:58 WIB
Perkuat Hubungan, Menlu Arab Saudi Segera Kunjungi Iran
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan dan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian/Net
rmol news logo Dalam rangka mempererat hubungan antara kedua negara yang baru pulih, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan akan melakukan kunjungannya ke Iran pada akhir pekan ini.

Kantor berita semi-resmi Iran, Tasnim melaporkan bahwa kunjungan itu akan mencakup pertemuan antara Menlu Faisal dengan para pejabat tinggi Iran.

Namun saat ini belum ada laporan lebih lanjut apakah diplomat top Saudi itu juga akan bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei.

Seperti dimuat Al Arabiya pada Kamis (15/6), pertemuan tersebut telah menandai seriusnya pihak Arab Saudi dan Iran dalam menghargai hubungan yang telah membaik itu.

Pada Maret lalu, Arab Saudi dan Iran sepakat untuk mengakhiri ketegangan diplomatik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun dan memulai upaya untuk membangun kembali hubungan bilateral.

Sejauh ini, perselisihan kedua negara besar itu telah membahayakan stabilitas regional, termasuk di negara-negara seperti Yaman, Suriah, dan Lebanon.

Namun berkat pembicaraan yang difasilitasi oleh China, kedua negara itu berhasil mencapai kesepakatan damainya dengan menandatangani perjanjian rekonsiliasi pada 10 Maret lalu.

Keseriusan pembukaan kembali hubungan itu telah ditandai dengan kedua belah pihak yang sepakat membuka kembali kedutaannya masing-masing, dengan baru-baru ini Iran membuka kantor diplomatiknya di Riyadh pada 7 Juni. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA