Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Bantah Ikut-ikutan China Batasi Penggunaan Internet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 14 Juni 2023, 17:53 WIB
Iran Bantah Ikut-ikutan China Batasi Penggunaan Internet
Menteri Komunikasi Iran, Issa Zarepour/Net
rmol news logo Kerja sama yang dijalin Iran dengan China dalam bidang teknologi dan komunikasi tidak serta merta membuat keduanya memiliki kontrol internet yang sama.

Menurut Menteri Komunikasi Iran, Issa Zarepour, negaranya memiliki sistem pengatuan sendiri dalam pembatasan maupun memperluas jaringan internet untuk seluruh warga.

"Di China, sebuah proyek khusus telah dilaksanakan dan memiliki platform buatan sendiri tetapi kami memiliki model kami sendiri," kata Zarepour, seperti dimuat Mehr News pada Selasa (13/6).

Zarepour sendiri tidak mengesampingkan bahwa Iran juga menjalin kerja sama dengan negara lain, termasuk China dalam pengembangan jaringan komunikasi tersebut.

"Kerja sama Iran dengan China sebagian besar akan fokus pada perluasan infrastruktur komunikasi, karena Beijing dikenal sebagai pelopor global di bidang tersebut," jelasnya.

Selama hampir setahun, Iran mendesak warganya menggunakan platform komunikasi buatan lokal.

Hal ini dikarenakan akses ke situs web media Barat seperti Instagram dan WhatsApp telah dibatasi oleh pemerintah karena dinilai memprovokasi warga selama kerusuhan September tahun lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA