Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ASEAN Dorong Solusi Dua Negara untuk Dukung Kemerdekaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 12 Mei 2023, 19:19 WIB
ASEAN Dorong Solusi Dua Negara untuk Dukung Kemerdekaan Palestina
Presiden RI, Joko Widodo selama konferensi pers di penghujung acara KTT ASEAN ke 42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Kamis, 11 Mei 2023/Net
rmol news logo Konflik Israel-Palestina menjadi satu dinamika yang diperhatikan secara seksama perkembangannya oleh ASEAN.

Dalam KTT ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, ASEAN kembali menekankan komitmennya untuk mendukung penuh kemerdekaan wilayah Palestina.

Dalam pernyataan bersama yang dirilis pada Kamis (11/5), para pemimpin ASEAN mendesak agar kedua pihak berkonflik mengambil langkah-langkah positif untuk mencapai negosiasi secara damai.

"Kami mendukung penuh hak sah rakyat Palestina atas negara Palestina merdeka dengan terwujudnya dua negara," bunyi pernyataan ASEAN.

Melalui solusi dua negara, ASEAN ingin agar  Palestina dan Israel yang hidup berdampingan secara damai dan aman berdasarkan perbatasan pra-1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Konflik Israel-Palestina terus menjadi perbincangan karena kedua pihak yang tak kunjung damai dan terus memicu pertikaian.

Pada pertengahan April lalu, pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa dan memukuli beberapa jemaah.

Aksi kekerasan pasukan Israel memicu protes dari warga dan kecaman dari komunitas internasional, terutama negara mayoritas Muslim.

Buntut serangan itu, milisi di Gaza juga meluncurkan roket ke wilayah selatan Israel. Israel juga menjadi target serangan roket dari milisi Palestina yang beroperasi di Lebanon.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA