Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Trudeau Kecam Meta karena Tolak Bayar Konten Berita dari Media Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 10 Mei 2023, 12:45 WIB
Trudeau Kecam Meta karena Tolak Bayar Konten Berita dari Media Lokal
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau/Net
rmol news logo Penolakan perusahaan raksasa Meta terhadap rancangan undang-undang berita online Kanada, mendapat kecaman serius dari Perdana Menteri Justin Trudeau pada Selasa (9/5).

Trudeau mengkritik upaya keduanya menghindari RUU yang mengharuskan raksasa digital membayar konten jurnalisme lokal.

Menurutnya, jurnalisme independen dengan konten berita yang sangat penting layak mendapat bayaran secara adil dari platform digital sebesar Meta.

"Meta tetap mengatakan bahwa mereka tidak ingin membayar jurnalis untuk pekerjaan yang mereka lakukan, menunjukkan betapa tidak bertanggung jawab dan tidak tersentuhnya mereka," tegas Trudeau, seperti dimuat AFP.

Kepolisian Kanada berhasil mengungkap bahwa Meta berencana memblokir berita dari media online untuk para pengguna di Facebook dan Instagram sebagai perlawanan terhadap RUU.

Sementara Google dilaporkan akan menguji coba pembatasan akses media pada warga Kanada.

Undang-undang baru akan mewajibkan raksasa digital membuat kesepakatan komersial dengan outlet Kanada untuk berita dan informasi yang dibagikan di platform mereka.

Kebijakan itu terinspirasi oleh Kode Perundingan Media Baru Australia pertama di dunia, yang bertujuan membuat Google dan Meta membayar konten berita di platform mereka.

Perusahaan raksasa yang mendominasi periklanan online itu dinilai telah menguras uang dari organisasi berita lokal dengan menggunakan konten mereka secara gratis. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA