Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kritik Presiden Belarusia Lewat Gambar Satir, Seorang Pria Ditahan dan Tewas di Penjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 08 Mei 2023, 15:15 WIB
Kritik Presiden Belarusia Lewat Gambar Satir, Seorang Pria Ditahan dan Tewas di Penjara
Pria bernama Nikolai Klimovich yang meninggal di penjara di wilayah Vitebsk utara Belarusia/Net
rmol news logo Akibat mengkritik Presiden Belarusia Aleksander Lukashenko dengan karikatur satir, seorang pria ditahan dalam penjara dan kini dilaporkan telah meninggal di sana.

Berita duka itu diungkap oleh kelompok hak asasi manusia independen Viasna dalam sebuah pernyataan di Telegram, seperti dikutip dari AFP pada Senin (8/5).

Viesna melaporkan bahwa pria bernama Nikolai Klimovich meninggal di koloni hukuman nomor 3, di wilayah Vitebsk utara, Belarusia.

Pria berusia 61 tahun itu ditetapkan bersalah karena menghina Lukashenko dengan karikatur yang dipostingnya di media sosial pada Februari tahun ini.

Meski menderita penyakit jantung yang seirus, Klimovich tetap dijatuhi hukuman satu tahun penjara atas dakwaan tersebut.

Sejak protes menentang pemilihannya kembali tahun 2020, Lukashenko telah mengeluarkan kebijakan untuk menekan suara kritis, memenjarakan atau memaksa mereka ke pengasingan.

Viasna mencatat hampir terdapat 1.500 tahanan politik di Tanah Air.

Pemimpin oposisi Belarusia, Svetlana Tikhanovskaya sangat sedih mendengar kabar kematian tersebut dan menyerukan bantuan medis secepatnya untuk tahanan lainnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA