Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capai Kesepakatan dengan Presiden, Oposisi Kenya Tangguhkan Aksi Protes Anti-Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 05 Mei 2023, 07:41 WIB
Capai Kesepakatan dengan Presiden, Oposisi Kenya Tangguhkan Aksi Protes Anti-Pemerintah
Para pengunjuk rasa Kenya berlarian saat polisi membubarkan aksi mereka pada Maret lalu/Net
rmol news logo Oposisi Kenya menangguhkan aksi protes anti-pemerintah terbaru yang direncanakan pada Kamis (4/5) ini, setelah mereka mencapai kesepakatan dengan Presiden William Ruto.

Hal tersebut diumumkan oleh Aliansi oposisi Deklarasi Persatuan, yang dipimpin oleh politisi veteran Raila Odinga, yang menyerukan pembatalan aksi protes massal di negaranya.

"Keputusan itu diambil setelah aliansi Kenya Kwanza (Kenya First) yang berkuasa di bawah Presiden Ruto telah menyetujui salah satu tuntutan kami," kata pernyataan yang dikeluarkan Rabu (3/5), dimuat Al Jazeera.

Belum diketahui negosiasi apa yang disepakati oleh kedua belah pihak itu. Akan tetapi sejak beberapa bulan lalu pihak Odinga, yang kalah dalam pemilihan tahun lalu telah mengadakan serangkaian aksi unjuk rasa, karena menyoroti kecurangan pemilu, dan tingginya biaya hidup di negara itu.

Ribuan warga Kenya turut mengindahkan seruan tersebut dengan aksi turun ke jalan yang tidak jarang berujung ricuh pada Maret lalu.

Kekerasan pecah di negara itu termasuk pertempuran antara polisi dan pengunjuk rasa, karena banyaknya pembakaran properti dan penggunaan gas air mata yang digunakan untuk membubarkan aksi tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA