Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Tentukan Tanggal, Iran dan Arab Saudi Nyatakan Siap Buka Kembali Kedutaan Segera

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 29 April 2023, 13:27 WIB
Belum Tentukan Tanggal, Iran dan Arab Saudi Nyatakan Siap Buka Kembali Kedutaan Segera
Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian/Net
rmol news logo Arab Saudi dan Iran akan segera membuka kembali kedutaan dan konsulat jenderal mereka di masing-masing negara dalam beberapa hari mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dalam konferensi persnya, Jumat (28/4), dengan mengatakan semua proses telah selesai dan kedua menteri juga telah saling mengunjungi satu sama lain.

"Selama panggilan telepon terakhir antara menteri luar negeri Iran dan Arab Saudi pada Idulfitri, kami sepakat untuk bekerja dalam beberapa hari mendatang untuk membuka kembali kedutaan Iran dan Saudi di Teheran dan Riyadh," kata Amirabdollahian, tanpa menyebut tanggal spesifik untuk pembukaan resmi kedutaannya.

Iran dan Arab Saudi sempat memutuskan hubungan mereka pada 2016 lalu, akibat para pengunjuk rasa Iran menyerbu Kedutaan Arab Saudi di Teheran usai ulama Syiah terkemuka mereka, Sheikh Baqir al-Nimr, dieksekusi oleh Kerajaan Arab.

Namun kini, hubungan kedua negara telah menghangat yang ditandai dengan saling berkunjung antar pejabat tinggi dan pembukaan lagi misi diplomatik mereka, setelah China pada Maret lalu menjembatani pemulihan hubungan antar kedua negara itu.

Dengan pulihnya hubungan kedua negara, Amirabdollahian berharap hal tersebut dapat membawa dampak yang baik bagi seluruh kawasan, khususnya di Timur Tengah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA