Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Persiapan Buka Kedutaan, Iran akan Kirim Delegasi ke Arab Saudi Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 10 April 2023, 21:36 WIB
Persiapan Buka Kedutaan, Iran akan Kirim Delegasi ke Arab Saudi Pekan Ini
Ilustrasi/Net
rmol news logo Delegasi teknis Iran akan berkunjung ke Arab Saudi pada pekan ini, untuk mempersiapkan pembukaan kembali kedutaannya di Riyadh.

“Delegasi teknis Iran akan mengunjungi kedutaan Teheran di Riyadh dan mengatur pembukaan kembali kedutaan Iran di Arab Saudi,” tulis laporan kantor berita semi-resmi ISNA pada Minggu (9/4).

Dimuat Arab Weekly, Senin (10/4), pengumuman itu muncul beberapa hari setelah menteri luar negeri kedua negara bertemu di Beijing untuk pertemuan formal pertama mereka sejak tujuh tahun bermusuhan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Saudi juga mengatakan bahwa pejabatnya telah mengunjungi Iran untuk membahas prosedur pembukaan misi diplomatiknya kembali di Republik Islam.

Pada 2016 lalu, hubungan kedua negara itu sempat putus dan menegang, setelah para pengunjuk rasa Iran menyerbu Kedutaan Besar Saudi di Teheran, karena keputusan Riyadh yang mengeksekusi ulama Syiah terkemuka, Sheikh Baqir al-Nimr.

Namun berkat dijembatani oleh China, kedua negara telah setuju untuk memulihkan kembali hubungan diplomatiknya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA