Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilmuwan Brasil Sukses Ciptakan Kembali Wajah Pria Mesir Berusia 35 Ribu Tahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 10 April 2023, 16:03 WIB
Ilmuwan Brasil Sukses Ciptakan Kembali Wajah Pria Mesir Berusia 35 Ribu Tahun
Seorang pria mesir yang hidup 35 ribu tahun lalu berhasil diilustrasikan kembali wajahnya oleh para peneliti Brasil/Net
rmol news logo Perkembangan teknologi dan digitalisasi turut membantu para ilmuwan dan sejarawan dalam mengkonstruksikan kembali peninggalan masa lalu.

Baru-baru ini, para ilmuwan arkeologi dari Brasil berhasil menciptakan kembali seperti apa rupa seorang pria di Mesir 35 ribu tahun lalu.

Mengutip National News pada Senin (10/4), ilustrasi mumi yang berjenis kelamin pria tersebut berhasil dilakukan melalui  proses yang dikenal sebagai fotogrametri.

fotogrametri merupakan hasil rendering 3D dari gambar 2D, menggunakan pencocokan fitur untuk menangkap artefak, situs pemakaman, atau, dalam hal ini, tengkorak manusia dari setiap sudut.

Arkeolog Moacir Elias Santos mengatakan kerangka pria yang ditemukan lebih dari 40 tahun lalu, di sebuah situs arkeologi di lembah Nil Mesir itu diidentifikasi sebagai keturunan Afrika.

Menurut Santos, kapak batu yang ditemukan di samping kerangka menunjukkan bahwa pria itu merupakan seorang Homo Sapiens tertua di dunia yang diyakini memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dan berusia antara 17 hingga 29 tahun ketika dia meninggal.

"Kerangka tersebut memiliki sebagian besar tulang yang diawetkan, meskipun ada beberapa yang hilang," ungkap Santos.

Penggunaan fotogrametri dalam arkeologi sudah ada sejak beberapa dekade lalu, tetapi kemajuan teknologi baru-baru ini membuat teknik ini menjadi lebih terjangkau dan akurat.

Ilmuwan Brasil mengakui bahwa rekreasi digital mereka hanyalah perkiraan, tetapi diharapkan hasilnya dapat membantu para ilmuwan memahami bab penting dalam evolusi manusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA