Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selamatkan 100 Nyawa Anak Penderita Penyakit Jantung, Fiji Catat Sejarah Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 26 Februari 2023, 11:48 WIB
Selamatkan 100 Nyawa Anak Penderita Penyakit Jantung, Fiji Catat Sejarah Baru
Perdana Menteri Fiji, Hon Sitiveni Rabuka di Rumah Sakit Anak Sai Sanjeevani/Net
rmol news logo Rumah Sakit Sai Sanjeevani Fiji kini tengah mencapai tonggak sejarah baru lantaran telah berhasil menyelamatkan 100 nyawa anak-anak yang menderita penyakit jantung bawaan.

Rumah sakit yang dibangun oleh organisasi amal lokal terkemuk Sai Prema Foundation ini telah memberikan layanan kesehatan dan layanan sosial gratis untuk masyarakat miskin di Fiji, yang tidak memiliki biaya untuk mengoperasi anak-anak mereka.

Berdasarkan laporan yang dimuat The Australia Today pada Kamis (23/2), operasi itu telah dilakukan oleh tim ahli bedah internasional spesialis jantung anak yang didatangkan langsung ke Fiji, dengan menyediakan fasilitas Pediatric Cardiac Super Speciality canggih senilai 25 juta dolar (Rp 381 miliar).

Masyarakat Fiji sebelumnya sangat kesulitan mendapatkan fasilitas ahli jantung pediatrik. Alhasil mereka selama ini harus bergantung pada perawatan di luar negeri yang memiliki harga mahal.

Namun kini dengan hadirnya rumah sakit gratis, telah dianggap menjadi pencapaian yang luar biasa di Fiji. Sebab, menurut Direktur Yayasan Rumah Sakit Anak Sai Sanjeevani Fiji, Sumeet Tappoo, rumah sakit dengan model seperti itu, merupakan rumah sakit pertama yang ada di kawasan pasifik dan Oseania.

“Merupakan kebanggaan besar bahwa Fiji adalah negara pertama di kawasan Pasifik dan Oseania yang memiliki rumah sakit seperti itu. Semua operasi dan perawatan dilakukan secara gratis. Rumah Sakit tidak dan tidak akan pernah memiliki loket tagihan,” kata Tappoo.

Dalam pengumumannya itu, Perdana Menteri Fiji, Hon Sitiveni Rabuka telah mengapresiasi upaya kemanusiaan yang dilakukan oleh rumah sakit dan badan yayasan amal itu.

“Bagi Rumah Sakit muda yang memberikan dampak signifikan bagi bangsa tercinta ini sungguh luar biasa.  Kerja keras, dedikasi, dan pengorbanan yang luar biasa telah dilakukan oleh individu medis dan non-medis di Fiji, dan di seluruh dunia untuk memungkinkan Rumah Sakit ini melaksanakan tugas yang monumental ini,” ujar PM Fiji.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA