Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina Sesumbar Berhasil Cegat Serangan Intelijen Rusia ke Moldova

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 11 Februari 2023, 06:56 WIB
Ukraina Sesumbar Berhasil Cegat Serangan Intelijen Rusia ke Moldova
Presiden Moldova, Maia Sandu/Net
rmol news logo Ukraina mengklaim telah berhasil mencegah upaya intelijen Rusia untuk mengganggu atau bahkan menghancurkan negara bekas Uni Soviet, Moldova.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Ukraina, Volodimir Zelensky dalam pidatonya di KTT Uni Eropa pada Kamis (9/2).

Zelensky menyebut pihaknya menemukan dokumen yang berisi rincian jelas bagaimana intelijen Rusia akan menghancurkan demokrasi Moldova.

"Dokumen ini menunjukkan siapa, kapan, dan bagaimana hal itu akan menghancurkan demokrasi Moldova dan membangun kendali atas Moldova,” tegasnya, seperti dimuat The Defense Post.

Ia menambahkan bahwa Kyiv tidak tahu apakah Moskow telah melancarkan rencana dalam dokumen tersebut atau belum.

Klaim Zelensky diperkuat dengan laporan Dinas Intelijen dan Keamanan Moldova (SIS) yang mengonfirmasi adanya dokumen rencana penghancuran tersebut.

"SIS mengonfirmasi bahwa, baik dari informasi yang disajikan oleh mitra Ukraina kami dan juga dari aktivitas operasi kami, aktivitas subversif dengan tujuan merusak Republik Moldova, destabilisasi, dan pelanggaran ketertiban umum telah teridentifikasi,” ungkap SIS dalam sebuah pernyataan.

Seperti banyak negara bekas jajahan Soviet lainnya, Moldova berada dipusaran antara arus politik pro-Rusia dan pro-Barat.

Namun dengan pemerintahan Presiden Maia Sandu, secara tegas negara itu tidak berpihak pada Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA