Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Australia-Papua Nugini Siap Teken Perjanjian Pertahanan Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 11 Januari 2023, 07:58 WIB
Australia-Papua Nugini Siap Teken Perjanjian Pertahanan Baru
Perdana Menteri Australia Anthony Albanese/Net
rmol news logo Rencana kunjungan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese ke Papua Nugini  dikabarkan salah satunya adalah untuk menandatangani perjanjian pertahanan baru kedua negara.

Menurut rencana, Albanese akan mengunjungi PNG selama dua hari mulai Kamis (12/1), di mana dia akan mengadakan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri James Marap.

Ini juga akan menjadikan Albanese sebagai pemimpin luar negeri pertama yang berpidato di depan parlemen PNG di ibu kota negara Port Moresby.  Perjalanan tersebut sebenarnya direncanakan pada Desember lalu, tetapi harus ditunda karena ia positif Covid-19.

"Saya ingin berterima kasih kepada teman baik Australia, Perdana Menteri (James) Marape, yang memberi kehormatan ini kepada saya dan juga Australia,"  kata Albanese, berbicara sebelum perjalanan, seperti dikutip dari 9News.

"Pembicaraan akan mencakup keamanan negara dan hubungan ekonomi, juga termasuk dukungan untuk ekonomi PNG, terutama mengenai perubahan iklim," lanjutnya.

Australia saat ini sedang menegosiasikan perjanjian pertahanan baru dengan PNG - tetangga terdekatnya di utara.

Menyusul kemenangan pemilihannya tahun lalu, pemerintah Albanese telah meningkatkan keterlibatan dengan negara-negara Pasifik dalam upaya untuk mengimbangi kekuatan China yang tumbuh di kawasan tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA