Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

72 Tahun Merdeka, Indonesia Masih Punya PR Besar Dalam Bidang Pendidikan

Laporan: | Jumat, 18 Agustus 2017, 14:42 WIB
72 Tahun Merdeka, Indonesia Masih Punya PR Besar Dalam Bidang Pendidikan

Komisi X DPR RI/DPR

Di usia 72 tahun kemerdekaan Indonesia, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra memberikan catatan tentang makna kemerdekaan pendidikan bagi masyarakat yang menjadi pekerjaan rumah bagi kita seluruh komponen bangsa.

Catatan itu disampaikan Sutan usai Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2017-2018.
 
“Pertama, terkait pemerataan mutu pendidikan. Memperoleh pendidikan yang bermutu adalah hak setiap warga negara di semua pelosok tanah air, sehingga pemerataan mutu harus menjadi perhatian kita ke depannya,” tegas Sutan melalui rilis yang diterima redaksi, Jumat (18/8).
 
Kedua, tambah Sutan, terkait kesejahteraan pendidikan. Menurutnya, semua komponen pendidikan baik guru, murid dan pegawai sekolah harus menjalani fungsi pendidikan dengan sejahtera. Terutama kehadiran guru harus lebih dimuliakan dan diangkat harkat dan martabatnya secara baik.
 
“Ketiga, peningkatan sarana prasarana pendidikan yang berkelanjutan, hal ini penting untuk menunjang terbentuknya kualitas pendidikan di tanah air,” imbuh politisi Gerindra itu.
 
Sutan berharap, di usia 72 tahun kemerdekaan Indonesia, pendidikan harus menjadi perhatian seluruh komponen bangsa. Sehingga bangsa ini maju dan sejajar dengan bangsa lain di dunia.
 
“Dirgahayu Republik Indonesia, jadikan pendidikan pilar kemajuan bangsa. Dunia pendidikan memegang peranan sentral dalam perjalanan suatu bangsa, termasuk bangsa Indonesia,” tutup politisi asal dapil Jambi itu.[san]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)