Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Minyak Dunia Naik Dua Hari Beruntun Imbas Konflik Timur Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 12:00 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Dua Hari Beruntun Imbas Konflik Timur Tengah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Harga minyak mentah dunia terpantau kembali menguat pada penutupan perdagangan Rabu (2/10) waktu setempat, di tengah meningkatnya eskalasi konflik di Timur Tengah.

Seperti dikutip Reuters, Kamis (3/10), harga minyak mentah Brent naik 0,26 persen secara harian ke 74,66 Dolar AS per barel, atau melanjutkan tren kenaikan tajam 3,43 persen pada perdagangan sebelumnya.

Sedangkan minyak mentah WTI AS ikut menguat tipis 0,03 persen ke level 70,92 Dolar AS, setelah sempat melesat 3,58 persen.

Kenaikan ini terjadi dua hari beruntun, setelah Iran pada Selasa meluncurkan sekitar 180 rudal balistik dan hipersonik ke Israel sebagai balasan atas pembunuhan pemimpin milisi Hizbullah di Lebanon, Hassan Nasrallah, bersama beberapa pemimpin senior kelompok yang didukung Iran.

Menurut The Guardian, tidak ada korban yang dilaporkan di Israel akibat serangan tersebut, dan sebagian besar rudal berhasil dihancurkan oleh pertahanan udara.

Namun, Israel dan Amerika Serikat mengancam akan membalas serangan tersebut, yang bisa mengancam infrastruktur minyak Iran dan ekspor minyak sebesar 1,7 juta barel per hari.

"Meski berbagai lonjakan harga geopolitik tahun ini mereda dengan cepat, eskalasi baru-baru ini menimbulkan ancaman terhadap pasokan, terutama karena adanya risiko serangan balasan Israel terhadap infrastruktur nuklir dan energi Iran," kata Saxo Bank. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA