Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahlil: Indonesia Punya Potensi Besar untuk Maksimalkan Pemanfaatan Energi Hijau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 20 September 2024, 11:53 WIB
Bahlil: Indonesia Punya Potensi Besar untuk Maksimalkan Pemanfaatan Energi Hijau
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia/Kementerian ESDM
rmol news logo Pemanfaatan energi terbarukan (EBT) dan penerapan industri hijau merupakan sebuah keharusan yang tidak dapat ditawar lagi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan, tren global terus beralih ke energi bersih, sehingga  Indonesia harus mengambil peran strategis dengan mengedepankan pelestarian alam dan pengoptimalan energi bersih.

"Hari ini, dunia berbicara tentang green energy dan green industry yang berorientasi pada keberlanjutan jangka Panjang," kata  Bahlil  di Jakarta, dikutip Jumat (20/9).

"Jadi, saya pikir kita tidak memiliki pilihan lain. Ke depan, pembangunan yang berorientasi pada lingkungan harus menjadi bagian penting," tegasnya. 

Tren penggunaan energi ramah lingkungan telah merambah ke sektor perbankan. Bahlil mengatakan, di berbagai negara, termasuk Eropa, bank-bank kini mempersyaratkan adanya rekomendasi dari lembaga lingkungan untuk memberikan pembiayaan. 

"Di Eropa dan beberapa negara lainnya, perbankan hanya akan memberikan kredit jika ada rekomendasi dari lembaga-lembaga pemerhati lingkungan," terang Bahlil, menambahkan bahwa langkah ini juga sebagai upaya mewariskan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. 

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk memaksimalkan pemanfaatan energi hijau. Dengan berbagai sumber daya energi terbarukan yang melimpah, Indonesia dinilai memiliki kapasitas yang cukup untuk berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi karbon. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA