Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Usul Ekonom Wujudkan Kemandirian Energi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 17 September 2024, 23:00 WIB
Ini Usul Ekonom Wujudkan Kemandirian Energi
Direktur Eksekutif Segara Research Institute, Piter Abdullah Redjalam/Net
rmol news logo Kemandirian energi merupakan kunci sukses Indonesia dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. 

Namun kini Indonesia dihadapkan beberapa tantangan dalam pencapaian kemandirian energi.

Pengamat ekonomi sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute, Piter Abdullah Redjalam mengemukakan beberapa usulan sebagai masukan kepada pemerintah.  

“Kita mengalami penurunan lifting minyak sudah sangat lama dan persisten. Berbagai upaya sudah dilakukan, tetapi belum berhasil meningkatkan kembali produksi minyak kita. Hal ini dikarenakan investasi eksplorasi penemuan ladang baru sangat minim dilakukan,” ujar Piter kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/9).

Piter mengakui, investasi pada sektor ini sangat berisiko tinggi dan memiliki banyak tantangan. 

Oleh karena itu, ia mendorong Menteri ESDM Bahlil Lahadalia untuk membuat kebijakan yang dapat meningkatkan investasi pada eksplorasi minyak, seperti perbaikan data dan kemudahan perizinan.

“Dipahami, investasi eksplorasi ini sangat berisiko dan jangka panjang. Selama ini, iklim investasi untuk eksplorasi ini tidak cukup mendukung,” ucapnya.

Piter mengatakan, pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan yang bisa memperbaiki iklim investasi di bidang ini agar para investor tertarik dan mau menanamkan investasinya.

“Selama ini rencana bagus saja tidak cukup, harus ada kebijakan konkret yang bisa memperbaiki iklim investasi di bidang eksplorasi ini,” paparnya.

Lebih lanjut, Piter menuturkan pendekatan yang sama juga perlu diterapkan pada liquefied petroleum gas (LPG). 

“Rencana membangun industri untuk menekan impor LPG juga hal yang bagus. Tapi, ini rencana jangka panjang yang tidak bisa menyelesaikan permasalahan jangka pendek,” tuturnya.

Selain itu, Piter juga mendorong pemerintah untuk terus berupaya mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) sebagai energi alternatif yang melimpah dari sumber daya alam Indonesia.

Ditegaskan Piter, semua rencana pemerintah membangun industri dan kedaulatan energi sudah baik, asalkan kebijakan tersebut konsisten dijalankan.

“Semuanya harus dilakukan. Saran saya, pemerintah agar konsisten saja dalam kebijakannya, jangan maju mundur,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA